Jumat, 17 Desember 2010

Malachite


Malachite merupakan jenis mineral yang termasuk dalam golongan mineral karbonat atau sering disebut sebagai mineral Copper Carbonate Hydroxide. Mineral ini tersusun atas logam tembaga dengan ion karbonat dan hidoksida, dengan rumus kimia Cu2(CO3)(OH)2.

Mineral ini berwarna hijau terang atau hijau zamrud. Dari warna ini pula Malachite mendapatkan namanya. Nama mineral ini berasal dari bahasa Yunani molochitis lithos, yang artinya mallow-green stone. Mallow adalah nama tanaman yang warna daunnya sangat mirip dengan Malachite.
Mineral ini mempunyai sistem kristal monoklin. Ceratnya berwarna hijau pucat, kilap kaca hingga sutra, mempunyai belahan dua arah dan tidak rata (uneven) dalam bentuk masif. Mempunyai bentuk kristalin dan biasanya ditemukan dalam struktur acicular, atau masif dengan struktur botryoidal atau reniform dan prismatik. Terkadang dapat pula ditemukan sebagai pseudomorf pada mineral azurite atau kuprit.
Mineral ini mempunyai kekerasan berkisar antara 3,5 sampai 4 skala Mohs, biasanya mempunyai ketembusan cahaya translucent. Mineral ini tidak terpengaruh oleh medan magnet, sehingga termasuk dalam mineral diamagnetik.

Secara garis besar deskripsi Malachite adalah sebagai berikut :
Warna                       : hijau zamrud, hijau kehitaman
Kilap                         : kaca (vitreous), sutra (silky)
Cerat                        : putih
Kekerasan                : 3,5 – 4
Bentuk                      : kristalin
Struktur                    : acicular, granular, botryoidal, pristmatik
Belahan                    : 2 arah
Pecahan                   : tidak rata (uneven)
Kemagnetan             : diamagnetik
Sifat dalam               : rapuh (brittle)
Sifat lain                   : translucent
Mineral Malachite biasa ditemukan pada zona oksidasi endapan tembaga, yang terbentuk dari reaksi antara sulfida dengan karbonat. Terutama pada daerah yang terdapat batugamping, mineral ini berasosiasi dengan limonit, kalsit, kalsedon, dan chrysocolla.
Malachite banyak digunakan sebagai batu dekoratif yang berharga dan dibuat untuk meja dan ornamen hias. Banyak juga digunakan sebagai perhiasan seperti mata cincin atau kalung. Ada yang membuatnya sebagai kolom pada bangunan, seperti Katedral St. Isaac di Italia. Dahulu, Malachite juga digunakan sebagai pigmen pewarna hijau dengan cara dihaluskan terlebih dahulu, atau sekarang tidak banyak lagi digunakan. Malachite berguna juga sebagai bijih tembaga atau koleksi para kolektor.

Daftar Pustaka :

1.   Berry, L.G., Brian Mason, R.V. Dietrich. 1983. Mineralogy : Second Edition. New York : W.H. Freeman and Company.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar