Selasa, 08 Februari 2011

My Secret

Di dunia ini, emang benar terjadi tentang hukum tarik-menarik. Aku pertama kali baca tentang hal ini di buku The Secret yang emang membahas semuanya tentang itu. Jadi, intinya disitu, semua yang terjadi pada diri kita tu berasal dari pikiran kita. Sebenarnya kita semua mempunyai semacam “Power of Mind”. Kita bisa mengontrol diri kita, orang-orang di sekitar kita, hal-hal yang terjadi pada diri kita, hanya dengan pikiran dan perasaan kita. Isn’t that amazing ? Yang perlu kita lakukan adalah berpikir terus-menerus kalau suatu hal benar-benar terjadi pada diri kita. Pikiran itu bisa pikiran positif, bisa pikiran negatif, tergantung dari kita sendiri. Misalnya, suatu saat kita merasa lemas, kemudian kita berpikir, ‘Duh, kayanya aku mau sakit de...’ Kita benar-benar berpikir bahwa kita akan sakit, kemudian kita menghentikan pekerjaan dan bertindak seperti orang sakit. Beristirahat, minum vitamin, dll. Apa yang terjadi kemudian ? Ternyata kita benar-benar sakit. Berbeda bila saat kita merasa lemas, kemudian kita berpikir, ‘Hmm.. Aku harus lebih banyak gerak biar tidak lemas.’ Kita berpikir bahwa kita sehat-sehat saja, dan kemudian melakukan aktivitas seperti biasa saja. Kemudian apa yang terjadi ? Yaah.. kita tetap sehat-sehat saja.
 
Jadi semuanya itu bergantung pada pikiran kita. Kalau seperti kata penulis buku The Secret, setiap pikiran pada otak kita mengirimkan frekuensi gelombang tertentu pada Semesta. Pikiran positif, pikiran negatif, semuanya punya frekuensi gelombang tersendiri. Frekuensi gelombang itu nantinya akan dipantulkan kembali oleh Semesta dalam bentuk frekuensi gelombang yang sama. Jadi kemudian, apa yang kita pikirkan nantinya akan kembali dan terjadi pada kita.
 
Namun pikiran itu haruslah terus-menerus agar kuat dan sungguh-sungguh bisa berbalik pada kita. Maka yang harus kita lakukan adalah memikirkan suatu hal yang kita inginkan terus-menerus. Memikirkan maka tanpa sadar kita telah memohon pada Semesta. Kemudian, percayalah kalau hal itu benar-benar akan terjadi. Dengan percaya maka kita telah mengunci pikiran itu di dalam otak kita, sehingga kita tak perlu memikirkannya terus-menerus. Percaya berarti menggunakan hati kita untuk ikut berperan, dan itu sangat besar perannya. Di buku digunakan kata Semesta, tapi aku pribadi percaya kalau Semesta itu semacam metafora untuk Tuhan. Yeah, soo.. that’s all. Lakukan itu terus, dan lihatlah apa yang terjadi kemudian. Kamu akan terkejut. :)

Hmm.. Aku jadi tertarik buat mbahas ini lebih dalam lagi, tapi mungkin lain kali, karena disini aku pengen cerita gimana aku baru aja terkejut karna lagi-lagi aku berhasil dengan hukum tarik-menarik ini. Jadi, semester ini emang semester yang berat. Aku mulai ngrasain waktu tengah-tengah semester, tugas mulai banyak, numpuk, belum lagi responsi dan lain-lain. Tapi aku pasang target IP semester ini 3,5. Aku pasang angka itu d hpku, di laptopku, dan yang paling jelas di meja belajarku. Aku tulis angka itu di Sticky Notes ukuran 6 x 6 cm. Aku tulis pake spidol item gede-gede, dan aku tambahin tulisan ‘Smangadh !!’ dan Smiley. Notes itu pasti selalu aku liat kalo aku lagi belajar, dan lama-lama aku percaya kalau aku bener-bener bakal dapet angka itu di KHS ku nanti.

Waktu terus berjalan, 1 semester hampir berakhir, dan akhirnya tiba saat buat ujian semester. Aku masih tetep berpegang sama notesku itu, tapi aku tambahin kalimat ‘Pasti kamu bisa !’ biar aku tambah semangat di ujian semester. Hmm... kata-kata itu dari seorang teman yang spesial :) dan bisa banget bikin aku fight terus setiap ada kesulitan. Tapi, semakin dekat waktu ujian selesai, semakin gak yakin aku sama angka 3,5. Setiap aku mengerjakan ujian 1 mata kuliah, rasa optimisku semakin ilank. Gimana enggak ? Soal ujiannya tuu.. Gilaa bangeet.. Aku sempet grogi juga waktu ngerjain. Mana sempet juga aku blank waktu lagi ngerjain. Aku sering ndapetin diriku sendiri lagi bengong waktu tengah-tengah ngerjain ujian. Hhaha... Mungkin ini faktor belajarku juga, aku biasa belajar malem-malem sambil begadang, trus pagi-pagi udah bangun. Biasanya aku bisa blank ma materi yang pelajari setelah itu, tapi yaah... aku selalu ambil resiko itu, habis itu jam belajar yang paling pas buat aku.

Nah, puncaknya waktu minggu terakhir ujian. Matematika Dasar, Krismin dan Kimia Dasar. 3 mata kuliah itu bener-bener nghancurin keyakinanku. Setelah ujian selesai aku cuma bisa pasrah, pasrah, pasrah. Aku berusaha terus buat optimis dan terus berpikir ‘3,5... 3,5... 3,5...’ Tapi keseringan gagal. Bahkan buat nyampe IP 3,00 aja aku gak yakin. Sampe-sampe aku sms papahku, aku minta maaf duluan kalau-kalau nanti IP yang keluar nggak sampe 3,00, karena aku tahu angka itu yang papah mamahku harepin dari aku, dan aku bener-bener gak pengin ngecewain mereka. Yang aku lakuin waktu itu cuma bisa pasrah, dan percaya aja kalo Tuhan pasti ngasih yang terbaik.

Selama nunggu hasil ujian diumumin, aku tahu kalau nilaiku gak bakal nyampe angka 3,5 kaya targetku. Tapi aku bersyukur bangeet karna paling gak angka 3 udah kulampaui. Waktu itu belum semua nilai dimasukin di KHS. Baru ada 5 matkul : Pancasila, Bahasa Inggris, Ilmu Lingkungan, Kimia Dasar dan Matematika Dasar. Tiga matkul yang pertama aku dapet A, Kimia Dasar B, Matematika Dasar C. Huuah.. Aku bersyukur banget Kimia Dasar dapet B, disaat aku kira bakal dpet D. :p Sementara Matdas, aku cuma bisa senyum de liat nileku. Aku dah yakin sebelumnya kalo bakal dapet segitu. Hhe... IP ku saat itu 3,36. Masih kurang nilai Fisika Dasar, Geologi Dasar dan Krismin. Fisika Dasar udah diumumin nilainya, tapi belum masuk KHS. Aku dapet B. Jadinya kira-kira IP ku saat itu tiga koma sekian. Hmm... Aku dah puas banget waktu itu. Asal gak di bawah 3 de, pikirku. Aku dah lupa sama sekali sama target 3,5 ku.

Yaa.. Aku udah melupakan semuanya tentang targetku. Aku gak peduli lagi dapet IP berapa, udah cukup puas dapet di atas 3. Tapi hari ini, aku dapet kejutan. Aku mbuka portal, liat KHS, dan aku kaget waktu liat ternyata nilai Geodas dan Krismin udah masuk. Dua-duanya aku dapet A!! Aku tambah gak percaya waktu liat IP ku 3,59. Tapi itu masih sementara, soalnya nilai Fisdas ku yang dapet B belum masuk. Penasaran ma IP ku sebenernya semester ini, aku ngitung-ngitung lagi sambil masukin nilai Fisdas. Kemudian, kaget banget aku waktu liat angka di kalkulatorku. 3,5015 !! Kalo dibulatkan jadi 3,5!!! 

3,5 !!

Aku terharu. Angka ini yang selalu ada di pikiranku sepanjang semester ini. Angka ini yang selalu aku liat setiap kali aku belajar. Angka ini yang udah aku lepasin waktu ujian selesai. Tapi sekarang... Apa yang terjadi ? Ternyata angka ini bisa muncul secara nyata di KHS ku. 3,5. Tepat. Pas. Nggak kurang gak lebih, sesuai dengan yang aku pikirkan dan aku yakini selama ini. Aku cuma bisa bersyukur, bersyukur dan bersyukur sama Tuhan, dan semakin percaya sama rencana-Nya. :) 


Well, seperti yang aku bilang di atas tadi. Pikiranmu adalah segalanya. Ini bukan pertama kali aku ngrasain hal kaya gini, waktu aku bener-bener ndapetin apa yang aku inginkan. Bahkan yang terjadi sebelumnya lebih hebat lagi dari yang sekarang ini. Aku berhasil ndapetin medali emas IESO karena hukum tarik-menarik ini. Medali emas IESO... Satu hal yang aku pengen aku banget, tapi aku ngrasa, cuma mimpi  yang bisa meraihnya. Tapi toh aku tetep optimis, dan berpikir kalau mimpi itu suatu saat akan jadi kenyataan. Dan yang terjadi ? My dream's really come true... 

It was the greatest moment in my life... When I stood at the stage, everyone stared at me, and my hands held something that I thought it was just a dream before.. A dream that, finally, came true...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar